Article

“The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go.” ― Dr. Seuss

2019-03-27 04:33:27

Shift Kerja Malam bagi Perempuan

Saat ini banyak perempuan ikut berpartisipasi dalam mencari nafkah baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Ada saatnya dimana perempuan juga harus bekerja pada shift malam sesuai kebijakan dari perusahaannya. Namun bekerja pada shift malam tentu sangat beresiko bagi dirinya, baik itu resiko mengenai kesehatan maupun resiko gangguan lain yang dapat mengancam jiwanya.

Bagaimana pemerintah ikut andil dalam melindungi pekerja perempuan yang diharuskan bekerja pada shift malam?

Adanya UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kep.224/ MEN/ 2003 Tentang Kewajiban Perusahaan Yang Mempekerjakan Pekerja/ Buruh Perempuan Antara Pukul 23.00 Sampai Dengan 07.00, membantu perusahaan dalam mengelola kebijakan terhadap pekerja/buruh perempuan yang bekerja pada shift malam antara pukul 23.00 sampai dengan 07.00.

Syarat bagi perusahaan untuk mempekerjakan pekerja/buruh perempuan pada shift malam, sebagai berikut:

  1. Pekerja/buruh perempuan yang berumur kurang dari 18 (delapan belas) tahun dilarang dipekerjakan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00.
  2. Pengusaha dilarang memepekerjakan pekerja/buruh perempuan hamil yang menurut keterangan dokter berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kandungannya maupun dirinya apabila bekerja antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00.

Untuk menghindari resiko pekerja/buruh perempuan yang bekerja pada shift malam, maka perusahaan wajib :

  • Memberikan makanan dan minuman bergizi.

Makanan dan minuman bergizi harus sekurang-kurangnya memenuhi 1.400 kalori dan diberikan pada waktu istirahat antara jam kerja. Makan dan minuman tidak dapat diganti dengan uang.

  • Pengusaha wajib menjaga keamanan dan kesusilaan pekerja/buruh perempuan.

Menyediakan petugas keamanan ditempat kerja serta menyediakan kamar mandi/wc yang layak dengan penerangan yang memadai serta terpisah antara pekerja/buruh perempuan dan laki-laki.

  • Pengusaha wajib menyediakan angkutan antar jemput bagi pekerja/buruh perempuan yang berangkat dan pulang bekerja antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 05.00.

Pengusaha harus menetapkan tempat penjemputan dan pengantaran pada lokasi yang mudah dijangkau dan aman bagi pekerja/buruh perempuan. Kendaraan yang digunakan untuk antar jemput harus dalam kondisi yang layak dan harus terdaftar di perusahaan.

Perlu diketahui pelaksanaan pemberian makanan dan minuman bergizi, penjagaan kesusilaan , dan keamanan selama ditempat kerja serta penyediaan angkutan antar jemput dapat diatur lebih lanjut dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama. Untuk itu sebelum menandatangani surat perjanjian kerja, pekerja/buruh harus membaca dengan teliti apa yang tercantum dalam perjanjian tersebut.

Referensi:

UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kep.224/ MEN/ 2003 Tentang Kewajiban Perusahaan Yang Mempekerjakan Pekerja/ Buruh Perempuan Antara Pukul 23.00 Sampai Dengan 07.00

 

#software_payroll #softwaregaji #softwarepayroll #payroll #pengajian #humanresource #softwarepayrollgaji #SoftwareHuman #SmallPayroll #payrollcalculator #OnlinePayroll #PayrollSystem #PayrollManagement #batiksoftware #software erp indonesia, #erp distribution software, #erp distribution, #payroll indonesia, #software payroll indonesia, #payroll software indonesia, #erp software indonesia, #distribution software, #pt galaxy, #distribution software erp 



Hubungi Marketing

Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai produk atau request Live Demo/Presentasi, hubungi marketing kami.

Hubungi Marketing